Saturday, February 7, 2009

Meraup Untung di Hari Valentine, Bisa sampai 70% Bernilai Puluhan juta Rupiah

Valentine bisa jadi ladang mendulang untung bagi para pelaku usaha yang menyediakan pernak-pernik hadiah. Para pelaku usaha pernak-pernik tersebut dapat meraup untung hingga jutaan rupiah. Semanis apa usaha ini.?

Usaha pernak-pernik hadiah akan selalu ramai dikunjungi konsumen. Terlebih pada momen-momen istimewa,seperti Valentine yang dirayakan tiap bulan Februari. Banyak pelaku usaha berbenah diri dengan menghadirkan produk-produk terbaru dan unik. “Penting bagi pelaku usaha menghadirkan produk terbaru ketika Valentine datang” ungkap Reza, pemilik Reza Kado-kado.
Meski Valentine berasal dari kebudayaanEropa, namun di beberapa kota besar seolah telah menjadi tradisi bagi kalangan remaja. Alhasil banyak orang yang mencari pernak-pernik hadiah yang unik dan teranyar untuk diberikan kepada orang tersayang. Namun perkembangan usaha pernak-pernik untuk hadiah ini pun semakin inovatif dengan menghadirkan produk terbaru. “ Tahun 2008 tren hadiah Valentine lebih sederhana seperti boneka dan cokelat berbentuk hati, sekarang tahun 2009 trennya jauh lebih inovatif seperti boneka hati yang dilengkapi dengan sepasang kekasih atau cokelat dengan desain romantis dalam berbagai bentuk,” tutur Indrayani Saridewi, Pemilik galeri coklat.
Adalah Niken Indra Dharmayanti, pelaku usaha coklat yang telah mempersiapkan kreasi cokelat teranyar yang akan dijadikan trend Valentine mendatang. Dengan mengusung coklat berdesain siluet, Niken yakin usaha pembuatan coklat yang telah dilakoninya setahun silam itu akan mengalami peningkatan permintaan. Coklat yang dibuatnya terbilang baru dan belum ada sebelumnya. Coklat yang Niken buat berbentuk minicake atau cupcake, yakni bagian bawah cokelat terdiri dari cake dan atasnya dilapisi coklat beraneka bentuk seperti siluet pasangan dalam suasana romantis ataupun bentuk miniatur bunga serta cokelat kotak perhiasan berbentuk hati. Dengan demikian produk cokelat semakin bervariasi dan menawan hati.
Selain cokelat , produk boneka untuk hadiah valentine Valentine juga mengalani ternd yang signifikan. “Untuk Valentine tahin 2009 saya tidak hanya membuat boneka hati, tetapi saya akan hadirkan boneka sejoli” ungkap Donika Duki, pemilik Sheena handmade. Boneka yang dimaksud adalahboneka berpasangan yang memegang love bertuliskan kata-kata yang romantis. Kata-kata tersebut bisa dipesan sesuai keinginan konsumen.
Untuk melengkapi hadiah Valentine, Suardi, pemilik Digital Kartun punya kado yang berbeda. “ sertifikat Cinta” katanya. Dengan membuat sertifikat cinta yang berisi gambar sepasang kekasih dalam bentuk karikatur lucu yang dilengkapi dengan puisi-puisi cinta sehingga menimbulkan kesan lebih romantis. Yang membuat kartu ucapan ini berbeda adalah ukurannya yang tak lazim 20X30 cm. Sertifikat cinta tersebut biasanya digulung dan diikat dengan pita atau dibingkai sehingga lebih memberi kesan mendalam bagi sang penerima sertifikat cinta ini.
Dengan berbagai trik marlketing yang diberikan, diharapkan pelaku usaha pernak-pernik untuk hadiah Valentine ini mampu mendongkrak penjualan. Hal ini diakui Niken yang mengatakan bahwa momen Valentine bisa mendongkrak omzetnya hibgga 18 Juta dengan besar keuntungan 25-70% tergantung kreativitas yang ditawarkan.
Dari tiga usaha diatas yang paling menguntungkan adaalah usaha digital karikatur “sertifikat cinta” yang meraup untung hingga 70%. Sedangkan usaha cokelat disimpulkan paling prospektif lantaran bisa menghasilkan omzet yang paling besar.

Sumber: Peluang Usaha No 8 Thn 4

No comments:

Post a Comment